Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa Penyusunan Laporan Keuangan UMKM

Jasa penyusunan laporan keuangan UMKM Laporan laba rugi Laporan neraca Rincian Buku Besar

Apakah anda dapat dengan mudah melacak transaksi-transaksi yang telah terjadi di perusahaan anda?

Apakah anda mengetahui posisi aset, kewajiban, dan modal perusahaan anda? 

Apakah anda mengetahui posisi piutang dan utang perusahaan anda?

Apakah anda sudah memiliki catatan yang akurat mengenai jumlah piutang per pelanggan dan jumlah utang per pemasok?

Apakah anda dapat dengan mudah mengawasi arus kas dan persediaan perusahaan anda?

Apakah perusahaan anda sering terlewat dalam mengkreditkan pajak masukan?

Apakah anda mengetahui dengan tepat proporsi dari masing-masing harga pokok penjualan (HPP) dan biaya penjualan & administrasi terhadap pendapatan anda? 

Apakah anda mengetahui bahwa kas masuk dan kas keluar bukanlah metode yang tepat untuk mengakui pendapatan dan beban? 

Apakah anda sudah yakin dengan jumlah laba atau rugi perusahaan anda?

Untuk perusahaan anda, yang pekerjaannya project based, sudahkah anda memiliki laba rugi per project

Sudahkah anda mengklasifikasikan arus kas perusahaan anda menjadi arus kas dari kegiatan operasional, arus kas dari kegiatan investasi, dan arus kas dari kegiatan pembiayaan?


Jika tiga dari sebelas pertanyaan di atas, anda jawab dengan tidak, maka sudah saatnya perusahaan anda memiliki laporan keuangan yang andal dan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku!

Dalam hal ini, saya akan membantu perusahaan anda untuk mengidentifikasi permasalahan dan menyiapkan laporan keuangan yang andal untuk perusahaan anda.

Lingkup Pekerjaan


Jasa Penyusunan Laporan Keuangan


Lingkup pekerjaan dari jasa penyusunan laporan keuangan ini, dapat dibagi menjadi empat tahapan.

Tahap pertama, saya akan berdiskusi dengan perwakilan perusahaan untuk memahami core business dari perusahaan. Hal ini merupakan tahapan terpenting, karena berkaitan dengan penentuan akun-akun laporan keuangan yang diperlukan perusahaan. Diskusi bisa dilakukan melalui media online, seperti zoom atau whatsapp, atau bisa juga dengan tatap muka secara langsung.

Tahap kedua, saya akan mengumpulkan seluruh bukti-bukti transaksi, seperti faktur penjualan, faktur pembelian, dokumen-dokumen pajak, mutasi rekening bank, dan dokumen-dokumen lainnya yang diperlukan.

Tahap ketiga dan keempat, saya akan membuat database dan melakukan penjurnalan, untuk menghasilkan laporan keuangan maupun laporan-laporan pendukung yang diperlukan perusahaan. 

Persyaratan

Dalam pengerjaan laporan keuangan, saya mensyaratkan perusahaan untuk menggunakan software akuntansi seperti Accurate atau Jurnal, dan tidak menerima pekerjaan untuk penyusunan laporan keuangan dengan software seperti MS. Excel, karena sudah cukup usang untuk mendukung perusahaan dalam menyediakan sistem keuangan yang andal. Namun demikian, output laporan dapat diekspor ke dalam format excel.

Terkait software akuntansi seperti Accurate atau Jurnal anda tidak perlu khawatir dengan biayanya, karena harganya cukup terjangkau. Anda dapat melihat informasi terkait hal tersebut di jurnal.id atau accurate.id. 

Untuk proses set-up software, anda tidak memerlukan jasa dari pihak Accurate ataupun Jurnal, karena pekerjaan ini, sudah termasuk ke dalam kontrak kerja yang saya tawarkan di jasa penyusunan laporan keuangan ini. 

Untuk detail pekerjaan lebih lanjut, maupun harga dari jasa penyusunan laporan keuangan UMKM, silahkan hubungi saya via Whatsapp.

I look forward to working with you!
Pesan sekarang