Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kalkulator Otomatis untuk Menghitung WACC dan Biaya Modalnya

Dalam dunia keuangan dan akuntansi, WACC (Weighted Average Cost of Capital) digunakan untuk menghitung biaya modal yang digunakan oleh perusahaan untuk membiayai investasi ataupun proyeknya. 

WACC Calculator

WACC Calculator

Created by Ardya

WACC (Weighted Average Cost of Capital), yang menghitung biaya modal tertimbang perusahaan, sangat penting dalam pengambilan keputusan investasi dan penilaian nilai suatu proyek.

Pada tulisan ini, saya akan membahas cara menghitung WACC secara manual. Saya juga akan memperkenalkan kalulator canggih yang dapat kamu gunakan untuk menghitung biaya modal ekuitas, biaya modal utang, biaya modal saham preferen, dan WACC secara otomatis.

Perhitungan WACC secara Manual

Sebelum melanjutkan tulisan ini, untuk kamu yang ingin memahami konsep WACC secara lebih mendalam, kamu dapat membaca tulisan saya mengenai bagaimana menghitung biaya modal tertimbang perusahaan (WACC).

Secara garis besar, berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung WACC:

  1. Menentukan Komponen Modal
    Pertama-tama, kamu perlu mengidentifikasi komponen modal yang digunakan dalam perusahaan. Komponen modal biasanya meliputi utang (debt) dan ekuitas (equity). Misalnya, PT XYZ memiliki utang senilai Rp 1 miliar dan ekuitas senilai Rp 2 miliar.

  2. Menghitung Biaya Modal Ekuitas (Cost of Equity)
    Biaya modal ekuitas adalah tingkat pengembalian yang diharapkan oleh pemegang saham. Ada dua metode yang dapat digunakan untuk menghitung biaya modal ekuitas, yaitu Model Diskonto Dividen (Dividend Discounted Model) dan Capital Asset Pricing Model (CAPM). Misalnya, jika biaya pengembalian saham yang diharapkan oleh investor PT XYZ sebesar 15%, artinya biaya modal ekuitas (Cost of Equity) adalah 0,15.

  3. Menghitung Biaya Modal Utang (Cost of Debt)
    Biaya modal utang adalah tingkat bunga yang harus dibayar perusahaan untuk pinjaman yang diperoleh. Biasanya, biaya modal utang dihitung berdasarkan tingkat bunga aktual yang diperoleh dari pinjaman terkini. Misalnya, jika XYZ membayar bunga sebesar 10% per tahun untuk pinjaman, maka biaya modal uutang (Cost of Debt) adalah 0,1.

  4. Menentukan Struktur Modal (Capital Structure)
    Struktur modal menggambarkan proporsi utang dan ekuitas yang digunakan dalam perusahaan. Proporsi ini dapat dihitung dengan membagi total utang atau total ekuitas dengan total modal (utang + ekuitas). Misalnya, jika total utang PT XYZ adalah Rp 1 miliar dan total modal adalah Rp 3 miliar (utang + ekuitas), maka proporsi utang dalam struktur modal adalah 1/3 atau 0,33.

  5. Menentukan WACC
    Setelah menentukan biaya modal ekuitas, biaya modal utang, dan struktur modal, kamu dapat menghitung WACC menggunakan rumus berikut:

    Formula WACC

    Misalnya, jika biaya modal ekuitas adalah 0,15, proporsi ekuitas adalah 2/3 (atau 0,67), biaya modal utang adalah 0,10, dan proporsi utang adalah 1/3 (atau 0,33), maka perhitungan WACC adalah sebagai berikut:
    Perhitungan WACC

Menggunakan Kalkulator untuk Menghitung WACC secara Otomatis

Seperti telah saya singgung di awal, perhitungan Weighted Average Cost of Capital (WACC) memiliki peranan penting dalam mengevaluasi proyek dan investasi perusahaan. WACC adalah rata-rata tertimbang dari biaya modal ekuitas, utang, dan saham preferen yang digunakan perusahaan untuk mendanai aktivitas bisnisnya. WACC juga mencerminkan tingkat pengembalian yang diharapkan oleh para pemegang saham dan kreditur.

Dalam menjalankan bisnis, perusahaan seringkali membutuhkan perhitungan WACC yang akurat untuk mempertimbangkan tingkat risiko dan keuntungan dari suatu proyek. Untuk membantumu menghitung WACC secara efisien, saya telah menyediakan Kalkulator WACC yang sangat canggih.

Kemampuan Kalkulator WACC Finansialpost
Menghitung WACC secara efisien
Menghitung biaya modal ekuitas menggunakan metode Gordon Growth Model dan CAPM
Menghitung biaya modal obligasi menggunakan metode YTM (Yield to Maturity)
Menghitung biaya modal dengan memperhitungkan efek pajak
Menghitung biaya modal saham preferen dengan metode Dividend Discount Model atau perpetual

Kalkulator ini tak hanya mampu menghitung WACC, tetapi juga dapat menghitung biaya modal ekuitas menggunakan dua metode yang berbeda, yaitu Gordon Growth Model dan CAPM (Capital Asset Pricing Model).

Selain itu, kalkulator ini juga mampu menghitung biaya modal obligasi dengan menggunakan metode YTM (Yield to Maturity). Dalam perhitungan ini, kalkulator akan mencari YTM dari obligasi yang diterbitkan dan menambahkannya dengan coupon rate (tingkat kupon) dari obligasi tersebut. Dengan begitu, perhitungan biaya modal obligasi akan menjadi lebih akurat.

Kalkulator WACC ini juga dapat memperhitungkan efek pajak sesuai dengan tingkat pajak yang kamu masukkan. Hal ini memungkinkan kamu untuk menggambarkan dengan lebih baik biaya modal yang sebenarnya setelah mempertimbangkan manfaat pajak yang mungkin diperoleh.

Tidak hanya itu, kalkulator ini juga dapat menghitung biaya modal saham preferen dengan metode Model Diskon Dividen Perpetual. Metode ini dapat membantumu mengestimasi tingkat pengembalian yang diharapkan dari saham preferen.

Cara Kerja Kalkulator dan Formula untuk Menghitung Biaya Modal Ekuitas, Utang, Saham Preferen, dan WACC

Kalkulator WACC Finansialpost menggunakan metode yang terpercaya dan rumus-rumus yang telah teruji untuk menghitung biaya modal ekuitas, utang, saham preferen, dan WACC. 

Berikut, saya akan menjelaskan cara kerja kalkulator dan rumus yang digunakan untuk tiap komponen tersebut.

Biaya Modal Ekuitas

Dalam menghitung biaya modal ekuitas, kalkulator WACC Finansialpost menggunakan dua metode yang berbeda: Gordon Growth Model dan CAPM.

a. Gordon Growth Model

Formula yang digunakan untuk menghitung biaya modal ekuitas dengan Gordon Growth Model adalah sebagai berikut:

Rumus Biaya Modal Ekuitas Dividen yang Diharapkan / Harga Saham + Pertumbuhan Dividen
Biaya Modal Ekuitas = D / P + g

Metode ini didasarkan pada estimasi dividen yang diharapkan dari perusahaan dan pertumbuhan dividen di masa depan.

Biaya modal ekuitas yang dihasilkan akan mencerminkan tingkat pengembalian yang diharapkan oleh para pemegang saham.

b. CAPM (Capital Asset Pricing Model)

Formula yang digunakan untuk menghitung biaya modal ekuitas dengan metode CAPM adalah sebagai berikut:

Rumus Biaya Modal Ekuitas
Biaya Modal Ekuitas Tingkat Bebas Risiko + Beta Saham * (Tingkat Pengembalian Pasar - Tingkat Bebas Risiko)
Biaya Modal Ekuitas = Rf + β * (Rm - Rf)

Metode ini mengkombinasikan tingkat bunga bebas risiko, risiko sistematis saham yang diukur dengan beta, dan tingkat pengembalian pasar untuk menghitung biaya modal ekuitas yang relevan dengan tingkat risiko investasi.

Biaya Modal Utang

Dalam menghitung biaya modal utang, kalkulator WACC Finansialpost menggunakan metode Yield to Maturity (YTM). Formula yang digunakan adalah sebagai berikut:

Rumus Biaya Modal Utang
YTM (Coupon Rate + ((Par Value - Bond Price) / Years to Maturity)) / ((Par Value + Bond Price) / 2)
Cost of Bond YTM + Coupon Rate
Tax Effected Cost Cost of Bond * (1 - Tax Rate)

YTM mengacu pada tingkat pengembalian yang diharapkan dari obligasi, sedangkan coupon rate adalah tingkat kupon yang diberikan oleh obligasi. Dengan menggabungkan kedua komponen ini, kalkulator akan menghasilkan biaya modal utang yang akurat.

Selain itu, perhitungan biaya modal utang pada kalkulator WACC Finansialpost sudah otomatis memperhitungkan efek penghematan pajak sesuai dengan tingkat pajak yang kamu masukkan.

Biaya Modal Saham Preferen

Dalam menghitung biaya modal saham preferen, kalkulator WACC Finansialpost menggunakan Perpetual Dividend Discount Model. Formula yang digunakan adalah sebagai berikut:

Rumus Biaya Modal Saham Preferen
Biaya Modal Saham Preferen Dividen Per Saham / Harga Saham
Biaya Modal Saham Preferen = D / P

Metode ini menghitung dividen per saham dari saham preferen dan membaginya dengan harga saham preferen saat ini.

WACC (Weighted Average Cost of Capital)

WACC adalah rata-rata tertimbang dari biaya modal ekuitas, utang, dan saham preferen, yang mencerminkan tingkat pengembalian yang diharapkan oleh para pemegang saham dan pemberi pinjaman.

Formula yang digunakan untuk menghitung WACC adalah sebagai berikut:

Rumus WACC (Weighted Average Cost of Capital)
WACC (Biaya Modal Ekuitas * Persentase Modal Ekuitas) + (Biaya Modal Utang * Persentase Modal Utang) + (Biaya Modal Saham Preferen * Persentase Modal Saham Preferen)
WACC = (Ke * E) + (Kd * D) + (Kp * P)

Pada formula ini, setiap biaya modal dikalikan dengan persentase modal yang sesuai. Persentase modal ekuitas, utang, dan saham preferen didasarkan pada struktur modal perusahaan.

Untuk perhitungan persentasenya sendiri sudah dilakukan secara otomatis oleh kalkulator WACC Finansialpost ketika kamu memasukkan angka di market value dari masing-masing modal.

Dengan menggunakan kalkulator WACC Finansialpost, kamu dapat memperoleh hasil perhitungan yang akurat dan efisien untuk menentukan WACC dan membuat keputusan investasi yang baik.

Penutup

Pada tulisan ini, saya telah menjelaskan cara menghitung WACC secara manual menggunakan pendekatan keuangan dan akuntansi.

Saya juga telah menyediakan kalkulator yang dapat digunakan untuk menghitung WACC serta masing-masing biaya modal secara otomatis.

Dengan memahami konsep dan perhitungan WACC, kamu dapat membuat keputusan investasi yang lebih baik dan menganalisis nilai perusahaan dengan lebih baik pula.

Ardya

Get in touch with me for accounting and financial discussion, training, and services: