Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menyiapkan Laporan Laba Rugi dan Neraca Common-Size dengan Excel

Laporan Keuangan Common Size

Laporan keuangan common-size adalah laporan yang mengonversi nilai rupiah ke persentase penjualan dan aset. 

Laporan jenis ini biasa digunakan oleh analis, untuk melakukan analisis vertikal.

Jadi, laporan laba rugi common-size menyajikan persentase akun-akun di laba rugi terhadap pendapatan, sedangkan laporan neraca common-size menyajikan persentase tiap akun di neraca terhadap nilai total aset. 

Penyajian seperti ini memudahkan pengguna laporan keuangan dalam melakukan perbandingan kinerja perusahaan antar periode maupun perbandingan kinerja dengan perusahaan lainnya.

Laporan laba rugi common-size

Laporan laba rugi common-size dibuat dengan mengonversi nilai rupiah dari tiap akunnya, menjadi persentase dari nilai penjualan / pendapatan. 

Saya akan menyajikan contoh laporan laba rugi common-size, dari laporan laba rugi PT XYZ yang telah saya siapkan pada tulisan saya yang berjudul "Menyiapkan Laporan Laba Rugi dengan Excel". 

Laporan Laba Rugi Persentase Penjualan
Laba Rugi dengan nilai rupiah dan persentase penjualan

Pembuatan laporan common-size di Ms. Excel sendiri sangat mudah. Pertama-tama input formula di sel C4 dengan =B4/B$4 dan copy ke sel C5:C6, C8:C14, C16:C21, dan C23:C24. 

Tanda $ pada rumus di sel C4 perlu ditambahkan, untuk memastikan agar saat penyalinan formula ke sel-sel lainnya, nilai pembaginya tetap sama, yaitu nilai pendapatan. Ingat! laporan laba rugi common size merupakan laporan yang disajikan berdasarkan persentase dari nilai pendapatan.

Setelah proses copy selesai dilakukan, selanjutnya adalah mengubah format rasio tersebut menjadi persentase, serta menambahkan dua angka desimal. 

Untuk menyajikannya, cukup hide kolom B atau kolom nilai rupiah, maka laporan laba rugi common-size siap untuk digunakan.  

Tentu saja bila melihat laporan laba rugi common-size hanya pada satu periode, tidak banyak yang bisa didapatkan, karena pada dasarnya, dalam suatu analisis laporan keuangan, membutuhkan beberapa perbandingan kinerja antar periode.

Di bawah ini adalah contoh dari laporan laba rugi nilai rupiah dan persentase penjualan PT XYZ untuk tahun 2019 dan 2018:

Laporan Laba Rugi Common Size
Laba Rugi dengan nilai rupiah dan persentase penjualan 2 periode

Selanjutnya tinggal menyembunyikan kolom B dan D, maka laporan laba rugi common-size PT XYZ tahun 2019 dan 2018 siap untuk digunakan:

Laporan Laba Rugi Common Size
Laporan laba rugi common-size

Laporan neraca common-size

Cara menyiapkan laporan neraca common-size, hampir sama dengan cara menyiapkan laporan laba rugi common-size, hanya saja persentase yang digunakan bukanlah persentase dari penjualan, tetapi persentase dari total aset. 

Berikut ini, saya sajikan laporan neraca nilai rupiah dan persentase aset, dari laporan neraca PT XYZ yang telah saya siapkan pada tulisan saya yang berjudul "Menyiapkan Laporan Neraca dengan Excel".

Neraca common size
Neraca dengan nilai rupiah dan persentase aset 2 periode

Selanjutnya, sama dengan laporan laba rugi common-size, tinggal menyembunyikan kolom D dan F, maka laporan neraca common-size PT XYZ tahun 2019 dan 2018 siap untuk digunakan:

Neraca Common Size
Laporan Neraca Common-Size

Perubahan persentase komponen-komponen di neraca terhadap total asetnya pada beberapa periode, memberikan informasi penting terkait kinerja perusahaan dan manajemen. 

Perubahan tersebut dibandingkan dengan rata-rata perubahan pada industri yang sama atau pesaing, juga dapat memberikan gambaran atas keputusan manajemen dalam menghadapi tantangan ekonomi pada industri dimana perusahaan bertarung.

Sekian tulisan saya mengenai laporan laba rugi dan neraca common-size. Sengaja saya memberikan contoh dengan menggunakan excel, karena beberapa orang yang saya temui, biasanya sudah terintimidasi mendengar kata common-size, seolah-olah kata tersebut akan membuat kegiatan penyusunan laporan keuangan menjadi tambah sulit. Padahal, bila dikerjakan dengan excel, laporan common-size hanyalah kegiatan copy paste saja.

Stay safe and stay healthy. Take care!