Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Menghitung NPV dengan Excel

Menghitung NPV dengan excel

Net present value (NPV) merupakan suatu teknik penganggaran yang digunakan ketika perusahaan menganalisis kelayakan suatu proyek atau investasi.

Perusahaan dapat menggunakan hasil perhitungan NPV untuk memastikan arus kas positif dari suatu proyek atau investasi ataupun untuk membandingkan hasilnya dengan beberapa proyek atau investasi sejenis.

Contents

Pengertian NPV

Metode net present value (NPV) tidak hanya sekedar menghitung selisih antara kas yang diinvestasikan dengan kas yang akan diterima di masa depan, namun juga menghitung nilai waktu dari kas-kas tersebut.

Jadi, NPV merupakan nilai sekarang (present value) dari arus kas masuk di masa depan suatu proyek atau investasi dikurang nilai sekarang dari arus kas keluar yang didiskontokan pada biaya modal (WACC).

Untuk penjelasan konsep NPV sendiri, kamu dapat membacanya di tulisan saya sebelumnya yang berjudul "Metode dalam Capital Budgeting: Net Present Value (NPV)".

Perhitungan NPV dengan excel

PT XYZ ingin berinvestasi pada unit produksi tambahan. Biayanya adalah 200 juta dan diperkirakan akan menghasilkan arus kas masuk 70 juta di tahun ke-1, 100 juta di tahun ke-2, dan 130 juta di tahun ke-3.

Biaya modal (WACC) adalah 11 persen.

Pada akhir tahun ke-3, nilai unit produksi tersebut akan bernilai nol.

Untuk menghitung kelayakan investasi tersebut dengan metode NPV, kamu dapat dengan mudah melakukannnya dengan fungsi excel "=NPV" seperti berikut:

Menghitung NPV dengan Excel

Berdasarkan investasi awal, arus kas masuk yang diharapkan, dan juga biaya modal sebesar 11 persen, maka NPV dari unit produksi baru tersebut adalah senilai 39,28 juta.

Nilai tersebut dapat dibandingkan dengan NPV dari proyek atau investasi lainnya untuk pengambilan keputusan investasi perusahaan.

Ataupun bila ini satu-satunya pilihan investasi perusahaan saat ini, setidaknya NPV-nya bernilai positif, yang menunjukkan bahwa investasi ini layak diambil.

Penutup

Suatu proyek atau investasi harus memiliki net present value (NPV) yang positif, yang artinya, tentu saja, investasi tersebut menguntungkan.

Namun demikian, nilai NPV yang positif bisa saja menjadi tidak berharga bila ternyata ada investasi sejenis atau alternatif yang menawarkan NPV yang positif dan lebih besar ataupun investasi yang membutuhkan biaya lebih kecil di awal. 

Sekian tulisan saya mengenai bagaimana menghitung NPV dengan excel.

Terima kasih telah membaca.