Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Beda Antara Suku Bunga Nominal dan Suku Bunga Efektif

Suku Bunga Nominal dan Suku Bunga Efektif

Suku bunga nominal dan suku bunga efektif tidaklah sama. Suku bunga nominal merupakan suku bunga yang dikutip oleh kreditur, sedangkan suku bunga efektif adalah suku bunga yang sebenarnya dikenakan oleh kreditur.

Yang dimaksud dengan suku bunga yang dikutip adalah suku bunga yang tercantum pada dokumen formal suatu instrumen utang, seperti produk perbankan, wesel bayar, ataupun obligasi.

Penyebab Perbedaan Suku Bunga Nominal dengan Suku Bunga Efektif 

Perbedaan antara suku bunga nominal dan suku bunga efektif disebabkan oleh cara perhitungan yang berbeda. Misalkan PT XYZ meminjam uang sebesar 1 miliar ke bank dengan suku bunga tahunan 10 persen yang harus dibayarkan pada akhir tahun. 

Dalam hal ini, pada akhir tahun, PT XYZ harus membayar ke bank sebesar 1,1 miliar (1 miliar pokok pinjaman dan 100 juta bunga).

Perhitungannya sangat sederhana dan mudah. Dalam kasus ini, bunga hanya dikenakan sekali dalam setahun.

Namun, dalam kenyataannya, pemberi pinjaman seringkali mengenakan suku bunga tahunan yang harus dibayar setiap satu, tiga, atau enam bulan.

Hal ini membuat perhitungannya menjadi lebih rumit dan menyebabkan perbedaan antara suku bunga yang dikutip dan suku bunga yang sebenarnya.

Suku Bunga Efektif Berada di Atas Suku Bunga Nominal

Meneruskan contoh pada PT XYZ di atas, kali ini kreditur mengenakan bunga triwulanan atas pinjaman dengan pokok 1 miliar dan bunga nominal 10 persen tersebut.

Dalam hal ini, tingkat suku bunga tahunan perlu diubah menjadi tingkat suku bunga per periode terlebih dahulu.

Jika bank menerapkan suku bunga per triwulan, maka tingkat suku bunga 10 persen perlu dibagi empat, sehingga didapatkan tingkat suku bunga per triwulan sebesar 2,5 persen.

Selanjutnya, PT XYZ membayar bunga sebesar 25 juta dalam triwulan pertama (1 miliar x 2,5%), dan pada triwulan-triwulan berikutnya, dasar perhitungannya semakin meningkat karena memasukkan pokok pinjaman dengan bunga pada triwulan sebelumnya.

Perhatikan!

Meskipun tingkat suku bunga tahunan atau suku bunga nominal adalah 10 persen, namun dalam kenyataannya, tingkat suku bunga efektif berada di atas tingkat suku bunga nominal tersebut.

Menghitung Suku Bunga Efektif

Setelah kamu memahami perbedaan antara suku bunga nominal dan suku bunga efektif, sekarang saya akan menjelaskan bagaimana menghitung suku bunga efektif.

Jadi, atas pinjaman PT XYZ di atas, ada dua tingkat suku bunga yang berbeda pada kasus tersebut.

Pertama, tingkat suku bunga nominal sebesar 10 persen dan yang kedua adalah tingkat suku bunga efektif.

Berikut perhitungan atas suku bunga efektif atas pinjaman PT XYZ tersebut:

Kuartal Saldo Pinjaman Awal Periode Bunga 2,5% Saldo Pinjaman Akhir Periode
1 1,000,000,000 25,000,000 1,025,000,000   
2 1,025,000,000 25,625,000 1,050,625,000   
3 1,050,625,000 26,265,625 1,076,890,625   
4 1,076,890,625 26,922,266 1,103,812,891   

Perlu dicatat bahwa dalam kasus ini, pembayaran bunga dan pokok pinjaman dilakukan hanya satu kali pada akhir periode.

Dari tabel di atas, terlihat bahwa total bunga yang harus dibayarkan adalah sebesar 103,81 juta, lebih tinggi sebesar 3,81 juta dibandingkan jika bunga hanya dikenakan sekali dalam setahun atau suku bunga nominal.

Dengan demikian, tingkat suku bunga efektif atas pinjaman PT XYZ dengan tingkat suku bunga nominal 10 persen adalah sebesar 10,38 persen.

Angka 10,38 persen didapatkan dengan membagi total bunga sebesar 103,81 juta dengan pokok pinjaman 1 miliar.

Penutup

Tingkat suku bunga efektif adalah tingkat suku bunga yang sebenarnya atas suatu pinjaman, karena tingkat suku bunag inilah yang menentukan jumlah pembayaran bunga yang harus dibayarkan.

Setelah memahami perbedaan antara suku bunga nominal dan suku bunga efektif serta cara menghitungnya, kamu perlu berhati-hati terhadap cara promosi dari pemberi pinjaman yang menawarkan bunga rendah agar terhindar dari kesalahan pengelolaan keuangan.

Alih-alih suku bunga efektif, menampilkan suku bunga nominal tahunan adalah praktik umum yang sering dilakukan oleh pihak-pihak pemberi pinjaman.

Sekian tulisan saya mengenai perbedaan antara suku bunga nominal dan suku bunga efektif.

Stay safe and stay healthy. Take care!

Ardya

Get in touch with me for accounting and financial discussion, training, and services: