Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Corporate Financial Management, Ini yang Perlu Dipahami!

Memahami dasar-dasar manajemen keuangan perusahaan

Banyak orang yang mendalami ilmu akuntansi dan keuangan mengeluhkan betapa njlimetnya corporate financial management

Mendengar istilah-istilah keuangan seperti weighted average cost of capital (WACC), discounted cash flow (DCF), pecking order theory, valuasi dari future cash flow, dan banyak istilah keuangan lainnya, sudah cukup membuat beberapa orang mundur untuk mendalami ilmu ini. 

Tidak jarang pula, saya menemui orang-orang yang berkecimpung di bidang keuangan yang masih mengalami kesulitan dalam memahami manajemen keuangan perusahaan.

Benarkah corporate financial management sesulit itu untuk dipelajari?

Well, saya tidak memiliki jawaban yang pasti akan pertanyaan ini, tapi yang pasti it's not rocket science. Menurut saya yang paling penting dalam memahami ilmu ini yaitu memiliki passion untuk mempelajarinya dan memulainya dari dasar. 

You must understand the fundamentals of corporate finance!

Berbicara mengenai dasar-dasar dari ilmu manajemen keuangan perusahaan, kita harus memahami permasalahan apa sih yang sebenarnya coba dijawab oleh ilmu ini. Beberapa textbooks mengenai fundamentals of corporate finance membagi hal ini dalam tiga pertanyaan, yaitu:
  1. Investasi jangka panjang apa yang dipilih perusahaan? Pada tahap ini, perusahaan menentukan sektor bisnis apa yang akan mereka geluti dan selanjutnya menentukan investasi apa yang harus dilakukan untuk menunjang bisnisnya.
  2. Dari mana perusahaan mendapatkan dana untuk membiayai investasi tersebut? Pada tahap ini, perusahaan akan menentukan apakah sebaiknya investasi tersebut dibiayai dengan meminjam uang dari kreditur atau mencari dana segar dari investor.
  3. Bagaimana perusahaan mengelola aktivitas keuangan harian, seperti menagih piutang ke customers dan membayar kewajiban ke suppliers?
Selanjutnya, corporate financial management mencoba menjawab ketiga pertanyaan mendasar tersebut dengan beberapa kegiatan manajemen keuangan berikut: 

Capital Budgeting

Di dalam capital budgeting ini, manager keuangan akan mengidentifikasi apakah investasi yang dilakukan sepadan dengan biaya yang dikeluarkan untuk investasi tersebut, artinya cash flow yang dihasilkan dari investasi atas suatu aset tetap melebihi  cash flow untuk memperoleh aset tersebut. 

Semuanya terlihat sederhana pada tahap capital budgeting, meski pada kenyataannya hal ini tidak sekedar cash in flow lebih besar dari cash out flow. Faktor waktu dan bagaimana perusahaan menerima kas akan menjadi pertimbangan utama keputusan suatu investasi.

Capital Structure

Yang dimaksud dengan capital structure adalah komposisi antara utang jangka panjang dan modal yang dimiliki perusahaan untuk membiayai investasi jangka panjangnya. Perusahaan memiliki keleluasaan dalam menentukan struktur modalnya, namun dengan tetap memperhatikan risiko dan nilai perusahaan yang terpengaruh atas keputusan tersebut, serta memperhitungkan komposisi struktur modal manakah yang dapat menghemat cost of fund.

Pengelolaan Working Capital

Istilah working capital atau modal kerja mengacu pada aset-aset lancar yang dimiliki perusahaan, seperti kas dan persediaan, dan kewajiban-kewajiban lancarnya, seperti utang kepada pemasok. Mengelola working capital adalah aktivitas perusahaan untuk memastikan perusahaan memiliki sumber daya yang cukup untuk melanjutkan operasional hariannya tanpa ada masalah biaya.

Jadi, setelah kamu memahami ketiga pertanyaan di atas, serta solusi yang ditawarkan oleh ilmu manajemen keuangan perusahaan, kamu akan memahami ke arah mana ilmu-ilmu keuangan yang akan kamu pelajari nantinya. 

Hehe, mudah bukan. 

Tapi sebaiknya jangan merasa senang terlebih dahulu, karena meskipun sebagian besar pokok bahasan manajemen keuangan hanya sebatas capital budgeting, capital structure, dan pengelolaan working capital, namun, ketiga area tersebut, masing-masing memiliki topik-topik yang sangat bervariasi.


Post a Comment for "Corporate Financial Management, Ini yang Perlu Dipahami!"