Advertisement

Ad Code

Corporate Financial Management, Ini yang Perlu Dipahami!

Memahami Manajemen Keuangan Perusahaan

Corporate financial management atau manajemen keuangan perusahaan adalah salah satu ilmu akuntansi dan keuangan yang cukup njlimet karena melibatkan istilah dan konsep keuangan yang kompleks.

Mendengar istilah keuangan seperti weighted average cost of capital (WACC), discounted cash flow (DCF), pecking order theory, valuasi dari future cash flow, dan banyak istilah keuangan lainnya, sudah cukup membuat beberapa orang mundur untuk mendalami ilmu ini. 

Tidak jarang pula saya menemui orang-orang yang berkecimpung di bidang keuangan yang masih mengalami kesulitan dalam memahami istilah dan konsep di manajemen keuangan perusahaan.

Namun demikian, bukan berarti ilmu ini sulit untuk dipelajari dan dipahami. Memiliki keinginan untuk belajar dan memulai dari dasar adalah kunci untuk memahaminya.

Tiga Pertanyaan pada Corporate Financial Management

Berbicara mengenai dasar dari corporate financial management atau manajemen keuangan perusahaan, kamu harus memahami permasalahan apa sih yang sebenarnya coba dijawab oleh ilmu ini.

Beberapa textbooks mengenai fundamentals of corporate finance membagi hal ini dalam tiga pertanyaan, yaitu:

  • Investasi jangka panjang atau aset tetap apa yang perlu didanai oleh perusahaan? Pada tahap ini, perusahaan menentukan sektor bisnis apa yang akan digeluti dan selanjutnya menentukan investasi apa yang harus dilakukan untuk menunjang bisnisnya.

  • Dari mana perusahaan mendapatkan dana untuk membiayai investasi tersebut? Pada tahap ini, perusahaan akan menentukan apakah sebaiknya investasi tersebut dibiayai dengan menerbitkan obligasi dari kreditur atau menerbitkan saham.

  • Bagaimana perusahaan mengelola modal kerja harian? Pada tahap ini perusahaan menentukan pengelolaan aktivitas keuangan hariannya, seperti menagih piutang dari pelanggan dan membayar kewajiban kepada pemasok.

Kegiatan Corporate Financial Management

Corporate financial management berusaha menjawab ketiga pertanyaan di atas melalui berbagai aktivitas manajemen keuangan seperti penganggaran modal, struktur modal, dan pengelolaan modal kerja.

Pertanyaan Aktivitas Manajemen Keuangan
1. Investasi jangka panjang atau aset tetap yang dibutuhkan untuk didanai? Anggaran Modal (Capital Budgeting)
2. Sumber dana untuk mendanai investasi tersebut? Struktur Modal (Capital Structure)
3. Bagaimana pengelolaan aktivitas keuangan sehari-hari? Manajemen Modal Kerja (Working Capital Management)

Penganggaran Modal dalam Corporate Financial Management

Di dalam penganggaran modal (capital budgeting) ini, manajer keuangan mengidentifikasi apakah investasi yang dilakukan sepadan dengan biaya yang dikeluarkan untuk investasi tersebut. Artinya, cash flow yang dihasilkan dari investasi atas suatu aset tetap melebihi cash flow untuk memperoleh aset tersebut.

Semuanya terlihat sederhana pada tahap capital budgeting, meski pada kenyataannya hal ini tidak sekedar cash in flow lebih besar dari cash out flow.

Faktor waktu dan bagaimana perusahaan menerima kas akan menjadi pertimbangan utama keputusan suatu investasi.

Struktur Modal dalam Corporate Financial Management

Yang dimaksud dengan struktur modal (capital structure) adalah komposisi antara utang jangka panjang dan modal yang dimiliki perusahaan untuk membiayai investasi jangka panjangnya. 

Perusahaan memiliki keleluasaan dalam menentukan struktur modalnya, namun dengan tetap memperhatikan risiko dan nilai perusahaan yang terpengaruh atas keputusan tersebut, serta memperhitungkan komposisi struktur modal manakah yang dapat menghemat cost of fund.

Pengelolaan Modal Kerja dalam Corporate Financial Management

Pengelolaan modal kerja difokuskan untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki sumber daya yang cukup untuk melanjutkan operasi harian tanpa masalah keuangan.

Ini melibatkan pengelolaan aset lancar perusahaan, seperti uang tunai dan persediaan, dan kewajiban lancarnya, seperti utang kepada pemasok.

Penutup

Jadi, setelah kamu memahami ketiga pertanyaan di atas, serta solusi yang ditawarkan oleh ilmu manajemen keuangan perusahaan, kamu akan memahami ke arah mana ilmu keuangan perusahaan yang akan kamu pelajari nantinya. 

Hehe, mudah bukan. 

Tapi sebaiknya jangan merasa senang terlebih dahulu, karena meskipun sebagian besar pokok bahasan manajemen keuangan hanya sebatas capital budgeting, capital structure, dan pengelolaan working capital, namun, ketiga area tersebut, masing-masing memiliki topik-topik yang sangat bervariasi.

Sekian tulisan saya mengenai apa apa saja yang perlu dipahami dalam corporate financial management atau manajemen keuangan perusahaan.

Comments