Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsep Nilai Waktu Uang

Konsep nilai waktu uang

Penganggaran modal (capital budgeting) dan struktur modal (capital structure) merupakan dua area yang menjadi fokus utama manajer keuangan. 

Perusahaan perlu menganggarkan modal untuk investasi jangka panjangnya dengan memperhitungan arus kas yang akan diterima dari investasi tersebut serta arus kas yang akan keluar dalam rangka membiayainya.

Bicara keputusan keuangan dari penganggaran modal dan struktur modal, tentu bicara cash in flow dan cash out flow pada beberapa periode yang berbeda, sehingga menyebabkan perlunya perusahaan  untuk menghitung nilai sekarang dari uang yang akan diterima di masa depan dan nilai di masa depan dari uang yang diinvestasikan saat ini. 

Dalam manajemen keuangan, konsep nilai waktu uang adalah dasar dari segalanya. Konsep ini akan digunakan untuk menghitung valuasi dari pokok dan kupon obligasi, valuasi saham, kelayakan suatu investasi, biaya modal, struktur modal, risiko, return, hingga analisis project

Dengan demikian, meskipun nilai sekarang (present value) dan nilai masa depan (future value) uang, dapat dihitung dengan mudah menggunakan software seperti Ms. Excel ataupun kalkulator keuangan, pemahaman atas perhitungan manual nilai sekarang dan nilai masa depan uang, mutlak harus dikuasai untuk mempelajari manajemen keuangan.

1. Timeline

Ini adalah hal pertama yang harus dipahami dari konsep nilai waktu uang dan banyak digunakan oleh para analis untuk memvisualisasikan nilai investasi pada suatu periode di masa depan.

Konsep nilai waktu uang

Waktu ke-0 adalah hari ini atau sekarang; Waktu ke-1 adalah satu periode dari sekarang atau akhir dari periode ke-1; Waktu ke-2 adalah dua periode dari sekarang atau akhir periode ke-2; dan seterusnya. Hati-hati dengan pemahaman atas waktu ke-0 dan ke-1, karena banyak yang terjebak bahwa yang dimaksud waktu sekarang adalah waktu ke-1, padahal seharusnya waktu ke-0.

Jadi, angka-angka waktu di atas menunjukkan akhir suatu periode dan jarak antar angka-angka tersebut disebut periode, periode sendiri bisa annual, semiannual, quarters, months, atau bisa juga harian. 

Untuk memahami timeline asumsikan kamu meminjam ke temanmu uang sebesar 15 juta tanpa bunga dan akan dicicil tiga kali selama tiga tahun. Timeline-nya adalah sebagai berikut:

Konsep nilai waktu uang

2. Menentukan nilai masa depan dari investasi sekarang

Nilai masa depan atau future value (FV) adalah istilah yang merujuk pada jumlah pertumbuhan uang yang diinvestasikan sekarang selama beberapa periode pada suku bunga tertentu. 

Asumsikan kamu menginvestasikan 1 juta pada deposito dengan suku bunga 10% setahun. Maka dalam setahun uangmu akan menjadi 1,1 juta, yang terdiri dari nilai pokok uangmu sebesar 1 juta dan bunga sebesar 100 ribu.

Jadi, bila kamu menginvestasikan uangmu pada suku bunga yang disimbolkan sebagai r, maka investasimu akan tumbuh sebesar (1+r) per rupiah yang diinvestasikan. Dalam kasus di atas adalah 1 juta x 1,1 = 1,1 juta.

Selanjutnya, asumsikan kamu menginvestasikan uangmu selama dua tahun. Pada tahun pertama, dari perhitungan sebelumnya kamu akan memiliki 1,1 juta di tahun pertama, selanjutnya pada tahun ke dua kamu akan memiliki 1,1 juta x 1,1 = 1,21 juta.

Perhatikan, pada tahun ke dua, bunga yang kamu dapat di tahun pertama, menghasilkan bunga juga. Hal ini disebut compund interest.

future value uang

Dari contoh di atas, bisa diambil kesimpulan untuk mencari nilai investasi di masa depan yang disimbolkan sebagai FV, pada periode ke-n adalah dengan rumus berikut:

FVn = C x (1 + r) x (1 + r) x ..... x (1 + r)

atau

FVn = C * (1 + r)n

Kalau kita ingin mencari nilai investasi di tahun ke-3, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:


FV3 = 1 juta x 1,10 x 1,10 x 1,10 = 1,331 juta


atau


FV3 = 1 juta x 1,10³ = 1,331 juta



Contoh kasus 

Pada tahun 2019 PT Bukit Asam membagikan dividen per saham sebesar 357 rupiah. Kemudian para analisis memperhitungkan bahwa dividen yang dibagikan akan tumbuh sebesar 3% per tahunnya. Berapakah dividen yang akan dibagikan pada tahun 2024?

FV5 = 357 x 1,03⁵ = 413,86 rupiah

3. Menentukan nilai sekarang dari nilai di masa depan

Kalau sebelumnya sudah saya bahas cara untuk menghitung nilai masa depan dari suatu investasi, kali ini saya akan menjelaskan kebalikannya, yaitu menentukan nilai sekarang dari suatu nilai di masa depan.

Tidak perlu bingung dengan istilah nilai sekarang atau yang dalam bahasa inggris disebut present value. Simpelnya seperti ini, bila kamu ingin membeli sepeda Dahon SUV D6 dengan harga 7 juta dalam 1 tahun mendatang dan saat ini ada bank yang menawarkanmu untuk menempatkan deposito dengan suku bunga 7% setahun, berapakah uang yang harus kamu tempatkan agar dalam 1 tahun kamu bisa membeli sepeda itu?

Present value adalah istilah yang merujuk pada perhitungan menarik ke belakang nilai uang dengan membaginya pada faktor suku bunga. Jadi, uang yang harus kamu tempatkan di deposito adalah sebesar 6,54 juta (7 juta : 1,07%). 

Dari contoh tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwa present value adalah kebalikan dari future value. Jadi alih-alih meng-compounding uang ke masa depan, present value mendiskon nilai uang dari masa depan ke masa sekarang.

Melanjutkan contoh sebelumnya, ternyata ketika kamu hendak menepatkan uangmu pada instrumen deposito, kamu membaca ulasan di suatu media sosial mengenai sepeda Tern BYB S11 dan berubah pikiran, sehingga memutuskan membeli sepeda seharga 37 juta itu dan rela menunggu hingga 3 tahun untuk membelinya. Dengan suku bunga yang sama dengan sebelumnya yaitu sebesar 7%, berapakah uang yang harus kamu tempatkan agar dalam 3 tahun kamu bisa membeli sepeda impianmu itu?

Beda dari kasus sebelumnya, pada kasus ini present values yang dicari adalah untuk beberapa periode ke belakang dan dapat menggunakan rumus berikut:

PV= / (1 + r)

PV3 = 37 juta / (1 + 0,07)³ = 30,20 juta

present value uang


Sebenarnya masih ada beberapa variasi dalam penghitungan nilai waktu uang, yaitu terkait cash flow yang sifatnya anuitas dan prepetual dan juga future value dan present value dengan kondisi bunga yang tidak fixed, tetapi menurut saya kamu cukup pahami konsep present value dan future value yang telah dijelaskan di atas terlebih dahulu, karena perhitungan ini akan hampir selalu digunakan dalam setiap permasalahan di dalam manajemen keuangan.

Kalau di pembahasan mengenai future value saya memberikan contoh kasus terkait dividen saham yang akan diterima, pada present value, sebenarnya saya juga ingin memberikan contoh kasus terkait valuasi obligasi atau saham, tetapi karena beberapa pertimbangan, saya memutuskan untuk membahasnya masing-masing pada pembahasan tersendiri. 

Stay safe, stay healthy, and stay at home. Take care!