Advertisement

Ad Code

Konsep Nilai Waktu Uang

Konsep nilai waktu uang

Konsep nilai waktu uang merupakan segalanya dalam ilmu keuangan, baik itu terkait penganggaran modal (capital budgeting) ataupun struktur modal (capital structure), dua area yang menjadi fokus utama manajer keuangan.

Dibanding akuntansi yang berfokus pada laba, ilmu keuangan sangat menitikberatkan pada arus kas. Perusahaan perlu menganggarkan modal untuk investasi jangka panjangnya dengan memperhitungkan arus kas yang akan diterima dari investasi tersebut, serta arus kas yang akan keluar dalam rangka membiayainya.

Bicara keputusan keuangan terkait penganggaran dan struktur modal, tentu bicara cash in flow dan cash out flow pada beberapa periode yang berbeda, sehingga menyebabkan perlunya perusahaan  untuk menghitung nilai sekarang (present value) dari uang yang akan diterima di masa depan dan nilai masa depan (future value) dari uang yang diinvestasikan saat ini. 

Konsep nilai waktu uang sendiri akan digunakan untuk menghitung valuasi dari pokok dan kupon obligasi, valuasi saham, kelayakan suatu investasi, biaya modal, struktur modal, risiko, return, hingga analisis project

Dengan demikian, meskipun present value dan future value uang dapat dihitung dengan mudah menggunakan software seperti Ms. Excel ataupun kalkulator keuangan, pemahaman atas perhitungan nilai waktu uang mutlak perlu dikuasai untuk mempelajari manajemen keuangan.

Timeline Nilai Uang

Untuk memahami nilai waktu uang, timeline merupakan hal pertama yang harus kamu pahami. Timeline banyak digunakan oleh para analis untuk memvisualisasikan nilai investasi pada suatu periode di masa depan.

Konsep nilai waktu uang

Waktu ke-0 adalah waktu pada hari ini atau sekarang; Waktu ke-1 adalah satu periode dari waktu sekarang atau akhir dari periode ke-1; Waktu ke-2 adalah dua periode dari waktu sekarang atau akhir periode ke-2; dan seterusnya. 

Kamu perlu berhati-hati dengan pemahaman atas waktu ke-0 dan ke-1 karena banyak yang terjebak bahwa yang dimaksud waktu sekarang adalah waktu ke-1, yang mana seharusnya adalah waktu ke-0.

Jadi, angka-angka waktu di atas menunjukkan akhir dari suatu periode dan jarak antar angka-angka tersebut disebut periode. Periode sendiri bisa annual, semiannual, quarters, months, atau bisa juga harian. 

Untuk memahami timeline, asumsikan kamu meminjamkan uang ke temanmu sebesar 15 juta tanpa bunga dan akan dicicil tiga kali selama tiga tahun. Maka, timeline-nya adalah sebagai berikut:

Konsep nilai waktu uang

Menentukan Nilai Uang di Masa Depan (future value)

Nilai masa depan atau future value (FV) adalah istilah yang merujuk pada jumlah pertumbuhan uang yang diinvestasikan sekarang selama beberapa periode pada suku bunga tertentu. 

Asumsikan kamu menginvestasikan 1 juta pada deposito dengan suku bunga nominal 10% setahun. Maka, dalam setahun uangmu akan menjadi 1,1 juta, yang terdiri dari nilai pokok uang yang kamu investasikan sebesar 1 juta dan bunga sebesar 100 ribu.

Jadi, bila kamu menginvestasikan uangmu pada suku bunga yang disimbolkan sebagai r, maka investasimu akan tumbuh sebesar (1+r) per rupiah yang diinvestasikan. Dalam kasus di atas adalah 1 juta x 1,1 = 1,1 juta.

Selanjutnya, asumsikan kamu menginvestasikan uangmu selama dua tahun. Pada tahun pertama, dari perhitungan sebelumnya kamu akan memiliki 1,1 juta di tahun pertama, selanjutnya pada tahun ke dua kamu akan memiliki 1,1 juta x 1,1 = 1,21 juta.

Perhatikan, pada tahun ke dua, bunga yang kamu dapat di tahun pertama, menghasilkan bunga juga. Hal ini disebut dengan bunga majemuk atau compund interest.

future value uang

Dari contoh di atas, kamu bisa menarik kesimpulan bahwa untuk menentukan nilai investasi di masa depan (fiture value) yang disimbolkan sebagai FV pada periode ke-n adalah dengan rumus berikut:

FVn = C x (1 + r) x (1 + r) x ..... x (1 + r)

atau

FVn = C * (1 + r)n

Kalau kamu ingin mencari nilai investasi di tahun ke-3, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

FV3 = 1 juta x 1,10 x 1,10 x 1,10 = 1,331 juta

atau

FV3 = 1 juta x 1,10³ = 1,331 juta

Contoh kasus 

Pada tahun 2019 PT Bukit Asam membagikan dividen tunai per saham sebesar 357 rupiah. Kemudian para analis memperhitungkan bahwa dividen yang dibagikan akan tumbuh sebesar 3% per tahunnya. Berapakah dividen yang akan dibagikan pada tahun 2024?

FV5 = 357 x 1,03⁵ = 413,86 rupiah

Berdasarkan perhitungan tersebut, kamu dapat memperkirakan bahwa PT Bukit Asam akan membagikan dividen sebesar 413 rupiah pada tahun 2024 dan menggunakan angka tersebut untuk menghitung harga wajar saham.

Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana menghitung future value (FV) dengan menggunakan Excel, kamu dapat mempelajarinya pada tulisan saya yang berjudul "Menghitung Future Value dengan Excel".

Menentukan Nilai Sekarang Uang (Present Value)

Kalau sebelumnya sudah saya bahas cara untuk menghitung nilai masa depan (future value) dari suatu investasi, kali ini saya akan menjelaskan kebalikannya, yaitu menentukan nilai sekarang (present value) dari suatu nilai di masa depan.

Tidak perlu bingung dengan istilah nilai sekarang atau present value. Simpelnya seperti ini, bila kamu ingin membeli sepeda Dahon SUV D6 dengan harga 7 juta dalam 1 tahun mendatang dan saat ini ada bank yang menawarkanmu untuk menempatkan deposito dengan suku bunga 7% setahun, berapakah uang yang harus kamu tempatkan agar dalam 1 tahun kamu bisa membeli sepeda itu?

Present value adalah istilah yang merujuk pada perhitungan menarik ke belakang nilai uang dengan membaginya pada faktor suku bunga. Jadi, uang yang harus kamu tempatkan di deposito adalah sebesar 6,54 juta (7 juta : 1,07). 

Dari contoh tersebut, kamu bisa menarik kesimpulan bahwa present value adalah kebalikan dari future value. Jadi alih-alih meng-compounding uang ke masa depan, present value mendiskon nilai uang dari masa depan ke masa sekarang.

Melanjutkan contoh sebelumnya, ternyata ketika kamu hendak menepatkan uangmu pada instrumen deposito, kamu membaca ulasan di suatu media sosial mengenai sepeda Tern BYB S11 dan berubah pikiran, sehingga memutuskan membeli sepeda seharga 37 juta itu dan rela menunggu hingga 3 tahun untuk membelinya. Dengan suku bunga yang sama dengan sebelumnya yaitu sebesar 7%, berapakah uang yang harus kamu tempatkan agar dalam 3 tahun kamu bisa membeli sepeda impianmu itu?

Berbeda dari kasus sebelumnya, pada kasus ini present value yang dicari adalah untuk beberapa periode ke belakang. Maka, kamu dapat menggunakan rumus berikut:

PV= / (1 + r)

PV3 = 37 juta / (1 + 0,07)³ = 30,20 juta

present value uang

Hasil dari perhitungan present value (PV) dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti misalnya untuk menghitung valuasi saham, obligasi, ataupun bisnis, membuat keputusan investasi, penganggaran, hingga penilaian risk and return.

Kalau kamu ingin mempelajari bagaimana menghitung PV dengan menggunakan Excel, kamu dapat membaca tulisan saya yang berjudul "Menghitung Present Value dengan Excel".

Penutup

Ada beberapa variasi perhitungan nilai waktu uang, yaitu terkait cash flow yang sifatnya anuitas dan prepetual dan juga future value dan present value dengan kondisi bunga yang tidak fixed. 

Namun, bila kamu telah memahami konsep present value dan future value yang telah dijelaskan di atas, tentu akan mudah bagimu untuk memahami variasi kasus terkait nilai waktu uang karena perhitungan tersebut sangat fundamental dan hampir selalu digunakan dalam tiap permasalahan di manajemen keuangan.

Kalau pada pembahasan mengenai future value saya telah memberikan contoh kasus terkait dividen saham yang akan diterima di masa depan, pada present value, sebenarnya saya juga ingin memberikan contoh kasus terkait valuasi obligasi atau saham, namun karena beberapa pertimbangan, saya memutuskan untuk membahasnya masing-masing pada pembahasan tersendiri. 

Sekian tulisan saya mengenai konsep nilai waktu uang.

Comments