Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pahami Bisnis Kamu untuk Laporan Keuangan yang Andal

Memahami bisnis untuk laporan keuangan yang andal
Pada dasarnya kegiatan akuntansi tidak saja dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang berorientasi pada profit ataupun individu-individu yang berprofesi di bidang keuangan, tetapi kegiatan ini, baik disadari ataupun tidak, telah dilakukan oleh perusahaan yang tidak berorientasi pada profit maupun individu-individu yang pekerjaannya tidak bersentuhan dengan bidang keuangan sekalipun.

Saat mengajukan kredit pemilikan rumah kamu harus memahami metode akuntansi yang digunakan oleh bank untuk mengkalkulasikan bunga yang dikenakan atas pinjaman anda tiap periodenya

Saat kamu berinvestasi untuk kebutuhanmu di masa depan, kamu perlu memahami akuntansi untuk menghitung pengembalian atas investasi modal. 

Perusahaan non-profit meskipun tidak fokus pada tujuan komersil, tetap membutuhkan akuntansi untuk penyusunan anggaran, memetakan aset, maupun membayar beban-beban.

Untuk mengakomodir luasnya bentangan akan kebutuhan akuntansi ini, maka akuntansi untuk setiap bisnis memiliki komponen-komponen yang berbeda, meskipun secara fundamental tetap sama. Kamu perlu memahami hal ini untuk menyajikan laporan keuangan yang andal.

Setidaknya inilah beberapa poin yang dapat kamu jadikan acuan untuk memahami di mana bisnismu berada:
  • Akuntansi untuk organisasi dan akuntansi untuk individual.
  • Akuntansi untuk perusahaan yang berorientasi pada profit dan akuntansi untuk perusahaan nirlaba (rumah sakit, tempat ibadah, yayasan pendidikan, dll).
  • Akuntansi untuk perusahaan perkebunan yang kegiatannya adalah menjual produk-produk yang mereka tanam, akuntansi untuk perusahaan tambang yang kegiatannya adalah menambang produk-produk mereka dari dalam bumi yang kemudian diolah lebih lanjut atau langsung dijual, akuntansi untuk perusahaan manufaktur yang memproduksi barang dagangannya sendiri, dan akuntansi untuk perusahaan retail yang menjual produk-produk dari perusahaan lain.
  • Akuntansi untuk perusahaan profesional yang menjual jasa, seperti perusahaan hiburan, perusahaan konsultan, dan perusahaan transportasi.
  • Akuntansi yang menganut biaya historis dan akuntansi yang mencatat nilai asetnya berdasarkan nilai pasar (misalnya, manajer investasi).
  • Akuntansi untuk perusahaan pemerintah dan perusahaan swasta.

Meskipun terkesan mensimplifikasi, poin-poin di atas dapat memberikan kamu ide mengenai perbedaan-perbedaan bisnis yang dapat mempengaruhi perbedaan beberapa komponen laporan keuangan.

Post a Comment for "Pahami Bisnis Kamu untuk Laporan Keuangan yang Andal"