Advertisement

Ad Code

Menghitung Tingkat Pertumbuhan Berkelanjutan

Tingkat Pertumbuhan Berkelanjutan

Tingkat pertumbuhan berkelanjutan (sustainable rate of growth) merupakan pertumbuhan dari penjualan perusahaan, dengan mempertahankan rasio keuangan saat ini, tanpa menerbitkan saham baru.

Formula untuk mencari tingkat pertumbuhan kelanjutan (g), dengan asumsi aset dan kewajiban tumbuh pada tingkat yang sama dengan penjualan, yaitu:

g = ROE (1 - Rasio Pembayaran Dividen)

Dari formula tersebut, artinya, tingkat pertumbuhan berkelanjutan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dimiliki perusahaan.

Seperti misanya distribusi dividen, perputaran aset, hingga struktur modal. 

Menentukan Kinerja Laba dalam Mendukung Pertumbuhan dengan ROE

Untuk menghitung tingkat pertumbuhan berkelanjutan, pertama-tama, perlu mengukur kinerja profitabilitas perusahaan.

Jadi, dalam mengukur kinerja laba perusahaan, ada beberapa rasio yang dapat digunakan. Di antaranya ada return on assets (ROA) dan ROE.

ROA mengukur laba per rupiah nilai aset, sedangkan ROE mengukur laba per rupiah nilai ekuitas.

Karena menguntungkan pemegang saham, ROE, dalam akuntansi, merupakan ukuran kinerja yang paling mendasar.

ROE dihitung dengan formula:

ROE = Laba Bersih / Total Ekuitas

Dengan demikian, hubungan antara ROE dan ROA dapat dijelaskan dengan mengalikan ROE dengan Aset / Aset tanpa mengubah apapun:

ROE = Laba Bersih / Ekuitas x Aset / Aset
= Laba Bersih / Aset x Aset / Ekuitas

Perhatikan!

ROE merupakan produk dari dua rasio keuangan, yaitu ROA dan equity multiplier.

ROA dihitung dengan membagi laba bersih perusahaan dengan total aset.

Sedangkan, equity multiplier, yang mengukur aset perusahaan yang dibiayai dengan ekuitas saham, dihitung dengan membagi total aset dengan total ekuitas. 

Menentukan Pendanaan Internal Perusahaan melalui Rasio Retensi

Dalam menghitung tingkat pertumbuhan berkelanjutan, analis perlu mengidentifikasi rasio retensi perusahaan. Hal ini berkaitan dengan proporsi laba yang dapat digunakan untuk menyokong investasi perusahaan.

Penggunaan laba untuk investasi perusahaan dikenal dengan pendanaan internal, karena tidak berasal dari penerbitan saham ataupun penerbitan obligasi.

Rasio pembayaran dividen atau dividend payout ratio (DPR) merupakan persentase laba bersih yang didistribusikan sebagai dividen ke pemegang saham.

DPR dihitung dengan formula berikut:

DPR = Dividen / Laba Bersih

Selanjutnya, kamu dapat menghitung porsi laba bersih yang ditahan oleh perusahaan dengan:

Laba Ditahan = 1 - DPR

Rasio laba ditahan tersebut biasa disebut dengan rasio retensi atau rasio plowback.

Menghitung Tingkat Pertumbuhan Berkelanjutan

Setelah kamu mengetahui mengenai ROA, equity multiplier, ROE dan juga rasio retensi, barulah kamu dapat menghitung tingkat pertumbuhan berkelanjutan (g).

Berikut data-data rasio keuangan dari tiga perusahaan:

PT ROA (%) Equity Multiplier ROE (%) Rasio Retensi (%) g (%)
A 10 4 40 60 24
B 10 4 40 100 40
C 10 2 20 100 20

Perbedaan antara perusahaan A dan perusahaan B adalah bahwa perusahaan A membayar 40 persen pendapatannya sebagai dividen, sedangkan perusahaan B dengan rasio retensi 100 persen, menahan seluruh labanya.

Hasilnya, pada tingkat ROE yang sama, perusahaan B, dengan tambahan sumber pendanaan ekuitas internal sebesar 100 persen dari laba bersih, dapat tumbuh hingga 1,7 kali lipat dibanding perusahaan A yang hanya menahan laba sebesar 60 persen dari laba bersih.

Kemudian, antara perusahaan B dan C, meski sama-sama menahan laba hingga 100 persen, namun perusahaan B mampu memiliki pertumbuhan 2 kali lipat di atas perusahaan C.

Hal itu disebabkan karena perusahaan B mampu menggunakan leverage dengan baik.

Bila kamu perhatikan, perusahaan B membiayai asetnya hanya dengan 25 persen ekuitas (1/4), sedangkan perusahaan C membiayai 50 persen asetnya dengan ekuitas (1/2).

Kesimpulan

Dari contoh kasus di atas, kamu bisa melihat bahwa pertumbuhan perusahaan tanpa menerbitkan saham baru sangat dipengaruhi oleh struktur modal dan rasio laba ditahan.

Namun, dalam persamaan untuk mencari pertumbuhan berkelanjutan dengan mengalikan ROE dengan rasio retensi, terdapat tiga asumsi yang harus dipenuhi.

Pertama, persentase aset perusahaan terhadap penjualan harus tetap konstan.

Kedua, persentase kewajiban perusahaan terhadap penjualan juga harus tetap sama.

Ini berarti manajemen perlu meningkatkan pinjaman perusahaan secara sebanding dengan penjualan agar rasio utang terhadap aset tidak berubah.

Terakhir, yang ketiga, proporsi dividen yang diberikan kepada pemegang saham harus tetap konstan, terlepas dari tingkat penjualan perusahaan.

Ketiga asumsi tersebut adalah perkiraan yang sederhana di atas kertas, sehingga tidak sepenuhnya mencerminkan pertumbuhan berkelanjutan yang sebenarnya di perusahaan.

Selain itu, laba yang digunakan sebagai dasar perhitungan hanya berdasarkan laporan laba rugi yang memiliki keterbatasan.

Meskipun begitu, perhitungan tingkat pertumbuhan berkelanjutan dapat memberikan wawasan yang berguna bagi perusahaan dalam merencanakan keuangannya.

Stay safe and stay healthy. Take care!

Comments